Copyright © One Hundred Man
Design by Dzignine
Tuesday, July 9, 2013

PC Gaming 3,5 Juta - Juli 2013



Apa mungkin merakit PC untuk bermain game dengan cuma 3,5 juta? Setelah utak-atik komponen, ternyata bisa. Memang ada beberapa bagian yang harus dikorbankan, tapi kalau memang cuma untuk main game seharusnya tidak terlalu menjadi masalah.

Speknya:

Prosesor: Intel Pentium G1610
Motherboard: ASRock H61M-VS3
RAM: Corsair Value DDR3 4GB PC10600
Storage: Hitachi 500GB SATA III Hard Drive
Power Supply: FSP Hexa 400 Watt
Graphic Card: Power Color Radeon HD 7750 1024MB DDR5
ODD: Liteon  DVDRW 24X SATA
Case: Powerlogic Azzura M1000

Total: Rp.3.510.000,-
(Harga diambil dari enterkomputer.com tanggal 9 Juli 2013)

Untuk prosesor, sudah jelas bagian ini yang paling "dikorbankan". Dengan anggaran 3,5 juta tidak mungkin mendapat prosesor quad-core. Sengaja saya memilih Intel karena performa single thread-nya masih lebih baik dari prosesor AMD. Jadi, untuk beberapa game yang engine-nya belum memanfaatkan proses multi-thread, performanya akan tetap lebih tinggi dari prosesor AMD.

Motherboard yang saya pilih juga dari kelas entry-level. Chipset Intel H61 memang sudah ketinggalan zaman 2-3 tahun, tapi kalau cuma untuk bermain game seharusnya tidak bermasalah. Di motherboard ini juga belum ada USB 3.0 dan SATA III 6 Gb/s, tapi dua fitur itu tidak terlalu berpengaruh jika PC hanya dipakai bermain game, jadi bukan masalah besar.

RAM juga hanya bisa memakai RAM single-channel, tetapi 4 GB seharusnya cukup. HDD 500 GB juga sudah cukup untuk menampung instalasi beberapa game sekaligus, dan masih ada ruang untuk koleksi lagu dan film. 

Untuk graphic card, Radeon HD 7750 sudah cukup untuk memainkan game terbaru dengan kualitas medium/high di resolusi 720p atau low di resolusi 1080p. Yang jelas GPU ini masih jauh lebih layak daripada memakai GPU bawaan prosesor. Di YouTube terlihat HD 7750 bahkan kuat untuk memainkan Crysis 3.


Power supply sebesar 400 watt sudah lebih dari cukup untuk semua komponen di atas, dan masih ada ruang untuk menambah hard drive atau SSD, juga mengganti graphic card. Sebenarnya di paket penjualan case sudah termasuk power supply, tetapi sangat tidak dianjurkan memakai power supply bawaan case kelas value karena kualitasnya yang sangat rendah.

Saya tetap memasukkan ODD di rakitan ini karena mayoritas orang Indonesia masih memerlukan DVD untuk instalasi program dan bertukar data, tidak seperti di luar negeri yang semuanya mulai bergerak ke cloud. Untuk case, karena ini rakitan budget, saya tidak bisa memasukkan case berkualitas baik. Powerlogic Azzura M1000 ini case kelas value yang menurut saya tampilannya paling lumayan, meskipun itu sebenarnya masalah selera. Untuk kelas 100-200 ribu sebenarnya banyak case lain yang bisa dipilih, tetapi ya itu, bentuknya menurut saya aneh semua. Selain itu case ini dimensinya juga cukup kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Kekurangannya hanyalah tidak ada ruang untuk menyembunyikan kabel di balik tray motherboard. Tapi dengan sedikit kesabaran, ruang dalam case masih bisa tetap rapi.

0 comments:

Post a Comment