Copyright © One Hundred Man
Design by Dzignine
Wednesday, May 15, 2013

Spek PC 3,5 Juta


Pas ngecek stat blog ini ternyata ada salah satu keyword yang masuk, "Intel PC 3,5 Juta". Rupanya PC seharga 5 juta masih terlalu mahal untuk beberapa orang.

Iseng-iseng buka rakitan.com, liat-liat harga komponen, ternyata 3,5 juta lumayan juga dapetnya.

Ini spek yang gw susun:

Processor: Intel Core i3 2130
Motherboard: ASRock H77M
RAM: Corsair CMV4GX3M1A1333C9 DDR3 4GB
Storage: Hitachi 500GB SATAIII
Case: NZXT Source 210
PSU: Seasonic SS-350ES 350 Watt 80 Plus

Total harga: Rp. 3.543.000,-

*Harga diambil dari rakitan.com (Quantum Computer) tanggal 15 Mei 2013

Komponen yang gw pilih di atas memang bukan yang paling canggih. Ya, kalo mau murah memang gak bisa pake yang generasi terakhir. Tapi yang jelas udah support USB 3.0, SATA III 6.0 Gb/s, dan gak pake komponen kelas dua macem VenomRX.

Yang kurang dari spek di atas apa? Case-nya gak ada port USB 3.0. Gw gak nemu case yang oke yang support USB 3.0 dengan harga di bawah 500 ribu.

Buat upgrade bisa ganti prosesor Ivy Bridge, meskipun gak bisa overclock. PSU-nya juga cukup untuk nambah GPU entry level kayak Radeon HD 7770. Kalo mau yang di atas itu atau dual GPU ya harus harus ganti yang minimal 500 W.

Sebenernya kalo mau sabar, mendingan jangan ngerakit sekarang. Tunggu Intel Haswell keluar, pasti harga-harga gak lama bakal turun lagi. Atau sekalian aja ngerakit pake komponen Haswell, tapi ya otomatis harganya lebih mahal.

0 comments:

Post a Comment